Monday, September 22, 2014

Thank God :'D



holaaaa..
postingan ini ditulis disela-sela persiapan tes melamar kerja..
iya masih pengangguran ciiiiin *udah setahun loh #gkbangga

okeee, di postingan kali ini, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya..
semoga bisa memberkati kita semua :)

beberapa bulan yang lalu, tepatnya awal tahun ini, saya tertimpa sebuah musibah..
musibah yang disebabkan oleh keteledoran saya sendiri..
yup, penyakit pikun saya yang merugikan dan selalu datang diwaktu yang tidak tepat --'
sekitar pertengahan bulan januari, saya diberikan kesempatan untuk mengikuti tes penerimaan pegawai di salah satu perusahaan yang cukup besar di Indonesia (pt. telk*m)..
h-1 tes psikotes coba cek email, ternyata ada persyaratan2 yang harus dibawa pas tes psikotes besok (syaratnya: ijazah/SKL yang dilegalisir, transkrip nilai yang dilegalisir, foto copy KTP, pas foto)..
tapi masalahnya legalisr ijazah dan transkrip belum keluar dari administrasi kampus..
dengan modal nekad akhirnya datang ke tempat tes dengan membawa ijazah, SKL, dan transkrip nilai yang asli..
tiba di meja registrasi, liatin ijazah asli, transkrip nilai asli, foto copy KTP, dan pas foto ke mba2 panitia rekruitasi.. mba2nya kaget + heran liat ijazah asli dan transkrip nilai asli yang saya bawa, saya coba jelasin kenapa bawanya berkas yang asli dan mba2nya coba mengerti, akhirnya dipanggil lah salah satu panitia buat foto copyin ijazah dan transkrip nilai asliku itu, biar foto copyannya bisa jadi arsip buat panitianya..
tes psikotes yang memakan waktu cukup lama pun selesai, waktunya pulang ke kosan..
berhubung tempat tesnya sangat jauh dari kosanku, kosanku di dayeuh kolot tempat tesnya di gegerkalong (ujung pukul ujung), akhirnya pergi sama pulangnya nebeng sama kitin (makasih kitin yang selalu aku nebengin :*)
tapi pulangnya cuma bisa bareng sampe BIP, soalnya kitinnya ada kegiatan di gereja, akhirnya dari BIP ke kosan naik angkot..
besok, besoknya besok, dan seterusnya melakuakan aktifitas yang rutin sebagai pengangguran (makan, tidur, mandi, nonton) tanpa menyadari ada kejanggalan yang terjadi pas tes psikotes beberapa hari yang lalu..
seminggu berlalu baru nyadar dan ngeh kalau map batik yang berisikan ijazah asli + SKL asli + transkrip nilai asli saya itu HILANG! damn!
coba ingat2 kejadian seminggu yang lalu, coba cari disekitaran kamar kosan dan ruang tamu kosan, siapa tau kececer (makasih pange dan arta udah bantuin cari disekitaran kosan), dan hasilnya nihil, akhirnya hipotesa yang tersimpulkan map batik saya itu ketinggalan di angkot (ntah angkot kalapa-dago, angkot kalapa-buah batu, atau angkot buah batu-dayeuh kolot, ntah!)
akhirnya saya coba cari di angkot kalapa-dago,dibantuin sama kak adi (makasih sepupu terbaik yang selalu aku repotin :D ), ntah kenapa feelingku bilang ketinggalan di angkot itu.. tanya ke supir yang satu ke supir yang lain, dan akhirnya diarahkan ke bapak yang jadi ketua para supir (ntah apa namanya, jadi bapak ini yang terima2 setoran), katanya kalau ada barang ketinggalan diangkot, supirnya lapor ke bapak itu.. ketemu sama bapaknya, tukaran no. hp (cieeee :p), minta tolong dikabarin kalau ada supir yang nemuin map batik saya itu..
sehari, dua hari, tiga hari,,, seminggu tidak ada kabar dari bapak ketua supir, akhirnya coba saya sms bapaknya, ternyata map batik itu memang belum ketemu --'
waktu itu coba bantuan media sosial twitter dari info bandung, siapa tau ada penumpang angkot yang temuin, tapi hasilnya juga nihil..
makasih bantuannya @infobdg ,makasih buat yang retweet :)
udah hopeless dan mencoba ikhlas kalau ijazah yang saya perjuangkan selama 4 tahun itu telah hilang..
akhirnya coba lapor ke kampus, berharap bisa dibuatkan ijazah lagi, dan ternyata nggak bisa, kampus cuma bisa kasi "surat keterangan hilang ijazah"..
urus surat keterangan hilang ijazahnya nggak semudah yang dibayangkan, harus minta surat keterangan hilang dari polisi..
dan sialnya polisi kali ini sangat sangat ribet, banyak maunya, dan permintaannya macam2, akhirnya harus bolak-balik kampus-pos polisi baru bisa dapat surat keterangan hilang, dengan salam tempel tentunya buat si bapak polisinya --' (makasih buat die dan fadel yang bantuin ngurus surat keterangan hilang, maap ngerepotin :D)
surat keterangan hilang ijazah sudah ditangan dan sudah dilegalisir, akhirnya cuuus balik ke sulawesi, beradu nasib di makassar buat nyari kerja dengan bermodalkan 9 foto copy ijazah yang dilegalisir (1 nya dikasiin ke pak polisi) dan 10 foto copy transkrip nilai yang dilegalisir *so limited
tidak segampang yang dibayangkan, ternyata lebih sulit cari info kerjaan di makassar, cuma bermodalkan informasi internet yang belum tentu benar dan sangat pilih2 mengingat legalisir ijazah yang sangat terbatas..
sebulan, dua bulan,,, dan 8 bulan pun berlalu, ijazah masih hilang dan statusnya masih pengangguran ciiiin..
sedih?pasti sedih,, kok nasibku begini amat ._.
coba introspeksi diri, kayaknya ada yang salah, ada yang salah sama seorang melyza helnida pualillin..
dan akhirnya sadar kalau beberapa bulan ini sangat sangat sangat jauh dari Tuhan, doa syafaat aja jarang, bagaimana saat teduh?udah gk pernah..
HPDT (hubungan pribadi dengan Tuhan) yang sangat buruk, mungkin kejadian beberapa belakangan ini teguran dari Tuhan, Tuhan sudah banyak kasi berkat tahun kemarin tapi malah seperti ini balasannya, malah makin jauh dari sumber berkat..
coba tenangkan diri, berdoa, minta maaf buat setiap kesalahan yang dibuat dan coba kembali bangun hubungan pribadi yang lebih baik dengan Tuhan..
coba saat teduh lagi, doa syafaat, coba ikhlas buat kejadian yang sudah terjadi, ikhlas dengan ijazah yang hilang, ikhlas dengan status pengangguran yang masih setia mendampingi..
saya berpikir, mungkin Tuhan pengen saya belajar untuk ikhlas dan kembali membangun hubungan dengan Tuhan yang sempat rusak, belajar untuk selalu menyertakan Tuhan disetiap rencana dan nggak mengandalkan kemampuan sendiri..
akhirnya sampai di satu hari di mana mujizat Tuhan diperlihatkan..
tepatnya tangal 27 agustus pagi, seperti pagi biasanya saya bangun, duduk, dan ambil alkitab untuk saat teduh, saat teduh selesai, lanjut belajar contoh soal tes cpns, dan tiba2 hp saya bunyi, ada telpon dari nomor baru, saya angkat dan ternyata dari pegawai telk*m, saya pikir dikabarin untuk wawancara kerja atau apalah, ternyata bukan, bahkan mba2nya punya kabar yang lebih membahagiakan dari itu, ijazah asli dan transkrip nilai saya ketemu :'D
ternyata map batik saya itu ketinggalan di tempat tes 8 bulan yang lalu, dan mba2nya baru kabarin (bersyukur mba2nya mau kabarin, makasih ya mba Ika yang baik)
terserah orang bilang saya lebay atau apa, saya langsung nagis bahagia waktu itu, langsung telpon mama, papa, pies, harun, mervi, kitin, pange buat kasi tau kalau ijazahku udah ketemu..
walaupun ada beberapa yang telponnya sibuk dan gk diangkat..
merinding dan cuma bisa bilang "Thank God" buat mujizatnya..
doa 8 bulan yang lalu akhirnya terjawab :'D
mungkin Tuhan coba tunjukkan ke saya, kalau saya makin dekat sama Dia, berkat-Nya juga makin dekat buat saya..
percaya deh, kalau Tuhan punya cara dan waktu sendiri untuk jawab setiap doa kita dan Tuhan coba eksekusi semuanya dengan indah dan sempurna..
masih banyak doa2 yang belum Tuhan jawab (dan jawabannya belum tentu yes, catat!), tapi dengan kejadian kemarin saya diajarkan buat percaya, percaya 100% pada rencana-Nya, rencana yang saya nggak tau endingnya seperti apa, tapi saya percaya endingnya pasti indah dan sempurna. Thank God :'D

1 comment:

  1. Ceritanya sangat memberikan pesan2 yang bermakna, sesuatu pengalaman yang berharga untuk hal-hal yg pernah kamu alami dan tidak semua orang bisa dapat bertahan dan menahan emosional pada moment tersebut. Banyak hal pelajaran yg dapat dipetik untuk selalu bersyukur, berharap, tidak menyerah, mendekatkan diri padaNya dan berdoa untuk segala hal.
    Semoga ica dan keluarga selalu terberkati oleh Tuhan kita Yesus Kristus.. Amin. :)

    ReplyDelete